Karakteristik Pendidik

Karakteristik Pendidik
Ilustrasi
Karakteristik pendidik - Dalam pendidikan Islam, seorang pendidik hendaknya memiliki karakteristik yang dapat membedakannya dari yang lain.  Dalam hal ini An-Nahlawi membagi karakteristik pendidik muslim kepada beberapa bentuk, diantaranya yaitu:

1. Bersifat ikhlas: melaksanakan tugasnya sebagaipendidik semata-mata untuk mencari keridhoan Allah dan menegakkan kebenaran.
2. Mempunyai watak dan sifat rubbaniyah.
3. Bersifat sabar dalam mengajar.
4. Jujur dalam menyampaikan apa yang diketahuinya.
5. Mampu menggunakan metode mengajar yang bervariasi.
6. Mampu mengelola kelas dan mengetahui psikis anak didik, tegas dan proposional.

Sementara dalam kriteria yang sama Al-Abrasyi memberikan batasan tentang karakteristik pendidik, diantaranya :

1. Seorang pendidik hendaknya memiliki sifat zuhud yaitu melaksanakan tugasnya bukan semata-mata karena materi akan tetapi lebih dari itu adalah karena mencari keridhaan Allah.

2. Seorang pendidik hendaknya bersih fisiknya dari segala macam kotoran dan bersih jiwanya dari segala macam sifat tercela.

3. Seorang pendidik hendaknya Ikhlas, tidak riya’, pemaaf, dan mencintai peserta didik juga mengatahui karakteristik anak didiknya.

Adapun karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yang berlandaskan pada pendekatan nilai-nilai Al-Qur’an, antara lain  adalah :

1. Memiliki moral.
Yaitu berakhlak mulia, dan memiliki budi pekerti, perangai tingkah laku atau tabiat yang baik sebagai, contoh untuk anak-anak didiknya.

2. Mengedapankan kepalsuan ilusi.
Mau berjiwa besar serta mengakui kesalahan yang ada dan tidak melakukan pembenaran terhadap kesalahan dengan mengutamakan kebenaran baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah.

3. Mampu menjauhi kepalsuan ilusi :

4. Menyembah Tuhan.
Yaitu beragama dan percaya adanya Tuhan.

5. Bijaksana
Karakteristik tertentu dari suatu sikap atau perilaku seorang pendidik dalam mendidik.

6. Menyadari
Hendaklah seorang pendidik menyadari bahwa dirinya adalah contoh bagi anak-anak didiknya, dan menyadari setiap kekurangan yang ada pada dirinya untuk dapat berubah menjadi seorang pendidik yang lebih baik.

7. Mengambil pengalaman
Seorang pendidik hendaklah bisa mengambil hikmah dari pengalaman-pengalaman ia saat mengajar, agar bisa jadi pedoman untuk memperbaiki setiap kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi.

Guru adalah manusia biasa dan sebagai manusia biasa dalam melaksanakan peran sebagai pendidik dan pemimpin bagi anak didik dalam pelaksanaan PBM (Proses Belajar Mengajar) mereka memilik karakter tersendiri.

Dan sebagai pendidik tugas ini merupakan suatu pekerjaan yang berat dan sulit dicapai oleh seseorang apabila ia tidak mempunyai karakter pendidik. Seorang pendidik mempunyai sifat-sifat teruji dan mampu menyesuaikan diri baik dengan peserta didik maupun dengan masyarakat, sikap serta inilah berangkali yang diketengahkan al-qur’an dengan ungkap ulul al-Bab.

Profesionalisme pendidik merupakan kunci pokok kelancaran dan kesuksesan proses pembelajaran di lembaga pendidikan.
Sourse : Menara Pendidikan

1 Response to "Karakteristik Pendidik"

  1. Happy Wednesday Para member setia AGENS128, oke gengs untuk kalian yang mau mencoba bermain sabung ayam di situs terpercaya dan terbesar di Indonesia dengan bonus yang sangat besar dan menggiurkan untuk kalian semua, jadi jangan ragu lagi untuk mendaftarkan diri kalian sekarang juga dan dapatkan bonus bonus yang besar dan juga kemenangan yang besar hanya bersama AGENS128 sekarang juga .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus