Contoh program kerja

PROGRAM KERJA
DIVISI JARINGAN LINTAS IMAN

1. PERINGATAN HARI TOLERANSI INTERNASIONAL


  • Landasa Filosofis

Dalam pembukaaan UUD 1945 pasal 29 ayat 2 disebutkan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.” Olehnya itu kita sebagai warga Negara sudah sepatutnya menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama dan saling menghormati antar hak dan kewajiban yang ada diantara kita demi keutuhan Negara.

Kebebasan beragama pada hakikatnya adalah dasar bagi terciptanya kerukunan antar umat beragama. Tanpa kebebasan beragama tidak mungkin ada kerukunan antar umat beragama. Kebebasan beragama adalah hak setiap manusia. Hak untuk menyembah Tuhan diberikan oleh Tuhan, dan tidak ada seorang pun yang boleh mencabutnya.

Demikian juga sebaliknya, toleransi antarumat beragama adalah cara agar kebebasan beragama dapat terlindungi dengan baik. Kebebasan dan toleransi tidak dapat diabaikan. Namun yang sering kali terjadi adalah penekanan dari salah satunya, misalnya penekanan kebebasan yang mengabaikan toleransi dan usaha untuk merukunkan dengan memaksakan toleransi dengan membelenggu kebebasan. Untuk dapat mempersandingkan keduanya, pemahaman yang benar mengenai kebebasan beragama dan toleransi antar umat beragama merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

  • Maksud dan Tujuan 

1. menghindari adanya perpecahan dalam umat beragama
2. dapat mempererat tali silaturahmi
3. terjadinya ketentraman dalam hidup bermasyarakat
4. lebih mempertebal keimanan
5. Menumbuhkan kepekaan sosial terhadap isu-isu di masyarakat

  • target/objek Program

tokoh-tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemerintahan Daerah, dan Masyarakat Purbalingga.
  • waktu dan tanggal 

Pukul 19.00 Wib, 16 November 2016
  • tempat 

Pusat Kota
  • Budget

Rp. 2.564.000,-

2. SOSIALISASI GUSDURIAN & SOSIALISASI TOLERANSI

  • Landasan Filosofis

Jaringan gusdurian adalah arena sinergi bagi para gusdurian di ruang kultural dan non politik praktis. Di dalam jaringan gusdurian tergabung individu, komunitas/forum lokal, dan organisasi yang merasa terinspirasi oleh teladan nilai, pemikiran, dan perjuangan Gus Dur. Karena bersifat jejaring kerja, tidak diperlukan keanggotaan formal.

Jaringan gusdurian memfokuskan sinergi kerja non politik praktis pada dimensi-dimensi yang telah ditekuni Gus Dur, meliputi 4 dimensi besar: Islam dan Keimanan, Kultural, Negara, dan Kemanusiaan
  • Maksud dan Tujuan

1. Sebagai pemetaan “stake holder” yang ada didaerah
2. memperluas jaringan Gusdurian/Memperkenalkan terhadap Masyarakat Daerah
3. mengajak masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata kaum Minoritas 
4. menekankan pengamalan pancasila dan UUD 1945
  • output dan Outcome

masyarakat mengenal Gusdurian dan mampu berpartisipasi dalam menyebarkan virus 9 Nilai Gusdur tersebut atau paling tidak, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • target/objek Program

Warga Purbalingga Pada Umumnya dan Pelajar Pada Khusunya.
  • Tempat dan Waktu

1. Disekolah-sekolah yang berbasis Agama
2. Setiap 2 Bulan Sekali di Minggu terakhir 
Budget
5 Sekolah X Rp. 500.000,- = Rp. 2.500.000,-

3. SARASEHAN DI TEMPAT-TEMPAT IBADAH
  • Landasan Filosofis

Berbagai macam kendala yang sering kita hadapi dalam mensukseskan kerukunan antar umat beragama di Indonesia, dari luar maupun dalam negeri kita sendiri. Namun dengan kendala tersebut warga Indonesia selalu optimis, bahwa dengan banyaknya agama yang ada di Indonesia, maka banyak pula solusi untuk menghadapi kendala-kendala tersebut. Dari berbagai pihak telah sepakat untuk mencapai tujuan kerukunan antar umat beragama di Indonesia seperti masyarakat dari berbagai golongan, pemerintah, dan organisasi-organisasi agama yang banyak berperan aktif dalam masyarakat.

Keharmonisan dalam komunikasi antar sesama penganut agama adalah tujuan dari kerukunan beragama, agar terciptakan masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama.
  • Maksud & Tujuan

1. Kerukunan umat beragama bertujuan untuk memotivasi dan mendinamisasikan semua umat beragama agar dapat ikut serta dalam pembangunan bangsa.
2. Saling tenggang rasa, saling menghargai, toleransi antar umat beragama
3. Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu
4. Melaksanakan ibadah sesuai agamanya, dan
5. Mematuhi peraturan keagamaan baik dalam Agamanya maupun peraturan Negara
  • Output & Outcome

tidak gumunan dan kagetan apabila kita berinteraksi dengan orang yang berbeda Suku, Agama, Ras dan Budaya, serta mampu memberikan pemahaman dan pegangan terhadap masyarakat tentang pentingnya Kerukunan ber Agama.
  • Target dan sasaran

Semua Pemeluk Agama
  • Tempat

Di tempat-Tempat Ibadah yang ada Di Purbalingga
  • waktu

setiap dua bulan sekali di pertengahan Bulan
  • Budget

7 X Rp. 500.000,- = Rp 3.500.000,-

1 Response to "Contoh program kerja"

  1. Happy Wednesday Para member setia AGENS128, oke gengs untuk kalian yang mau mencoba bermain sabung ayam di situs terpercaya dan terbesar di Indonesia dengan bonus yang sangat besar dan menggiurkan untuk kalian semua, jadi jangan ragu lagi untuk mendaftarkan diri kalian sekarang juga dan dapatkan bonus bonus yang besar dan juga kemenangan yang besar hanya bersama AGENS128 sekarang juga .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus